Setiap daerah memiliki makanan atau minuman khas yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Di Kabupaten Bantul, Yogyakarta terdapat berbagai macam kuliner yang unik dan lezat. Di kabupaten ini wisatawan akan mendapati berbagai macam makanan khas seperti seperti mie lethek, sate klatak, mangut lele, oseng-oseng emprit, sambel welut, dan masih banyak lagi. Selain itu terdapat sebuah minuman khas yang bernama wedang uwuh yang bisa di bisa didapati di kawasan Imogiri, Bantul. Wedang uwuh adalah minuman khas dari Yogyakarta. Terbuat dari bahan-bahan berupa aneka dedaunan dan rempah herbal yang dika dilihat mirip seperti sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh artinya sampah jadi bisa dikatakan wedang uwuh adalah minuman yang menyerupai sampah yang disedu.

Nikmatnya Wedang Uwuh

Wedang uwuh paling nikmat jika disajikan saat masih panas atau hangat. Wedang uwuh ini terbuat dari berbagai jenis tumbuhan herbal seperti seperti jahe, secang, kayu manis, sereh, daun jeruk, dan dedaunan lain. Kemudian bahan tersebut yang dimasukkan kedalam gelas disedu dan sisa ampas dari atau bahan-bahan minuman ini tempak seperti sampah. Minuman ini memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas dihasilkan oleh bahan jahe di minuman tesrsebut sedangkan warna merah karena adanya secang yang juga dicampur di dalam minuman.

Minuman unik ini cocok dinikmati saat malam hari atau di kala hujan turun. Selain hangat di tenggorokan, wedang uwuh juga mampu menghangatkan badan dari rasa dingin. Bahan dasarnya yang berupa rempah dan dedaunan herbal menjadikan wedang uwuh terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Wisatawan yang igin menikmati secangkir wedang uwuh bisa berkunjung ke kawasan Imogiri. Di komplek makam raja-raja Imogiri terdapat warung atau toko yang menjual wedang uwuh. Wisatawan juga bisa menikmatinya saat mampir atau berwisata di kawasan ini. Wisatawan bisa juga membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Bahan dari minuman ini telah dikemas dalam plastik kecil. Itu dilakukan untuk mengikuti perkembangan jaman sehingga lebih praktis dan mempermudah wisatawan saat ingin mencicipinya saat telah pulang ke rumah. Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata kuliner Jogja bisa mencicipi minuman ini.